Langkah ke 8 Sapto Satrio Mulyo Wisata ke Situs Tugu Sukaraja di Kabupaten Bogor - Teras Sukaraja

Wisata ke Situs Tugu Sukaraja di Kabupaten Bogor

Pada masa sebelum Proklamasi Kemerdekaan, tugu ini pernah menjadi batas demarkasi antara tanah jajahan dan tanah yang dikuasai Republik Indonesia.

Lokasi Situs Tugu ini ada di Kampung Tugu, Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, yang terletak pada daerah perbukitan dengan permukaan tanah yang bergelombang, dan secara astronomis terletak pada koordinat 6°55’02 LS dan 106°58’33” BT. 

Tugu Sukaraja tepatnya terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan Kecamatan Sukaraja – Kecamatan Geger Bitung, dimana jalan raya ini juga memisahkan wilayah yang satu dengan wilayah lainnya dari Desa Pasirhalang. 

Selain sebagai obyek purbakala dengan nama Tugu Sukaraja, masyarakat setempat juga menamai tugu ini dengan mana ’Tugu Embah Demang’. 

Objek purbakala ini adalah peninggalan budaya manusia dari tradsisi megalitik pada masa prasejarah, yang merupakan batu tegak atau menhir dari batu andesit.  

Menhir ini tidak tegak lurus, namun miring ke arah utara dan berukuran cukup tingi, yakni 230 cm. Dimana sekitar 50 m ke arah selatan dari Tugu Sukaraja, terdapat dua menhir berukuran lebih kecil daripada Tugu Sukaraja. Foto : Istimewa
Sapto Satrio Mulyo : Kembali ke Kearifan Lokal

Sebuah pola kehidupan peninggalan Leluhur kita yang banyak dilupakan. Sejatinya, Kearifan Lokal tidak bertolak belakang dengan Modernisasi, tetapi justru sebagai rel atau pijakan kemana arah Bangsa ini akan berlabuh dengan Sehat

Sukaraja yang ber-Kearifan Lokal, pasti lebih maju, Sejahtera Aman Tentram

Bogor Sehat (Sejahtera, Aman dan Tentram)